KUNJUNGAN INDUSTRI PT. AMERTA INDAH OTSUKA

LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI
PT. AMERTA INDAH OTSUKA
PASURUAN – JAWA TIMUR


XI KIMIA INDUSTRI 1
Disusun Oleh:
*      Khafidin (17)
Guru Pembimbing:
Isnanik Juni Fitriyah S.Pd


SMKN KABUH TAHUN PELAJARAN 2015-2016
Jl. Raya Kabuh­-Tapen Km.6 Kabuh Jombang




KATA PENGANTAR
Puja dan puji syukur penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahNya.Sehingga laporan ini dapat terselesaikan sesuai dengan waktu yang telah disepakati.
Adapun penyusunan laporan kunjungan industri ini sendiri adalah untuk memenuhi standar nilai sekolah, sesuai dengan keahlian yang dipelajari yaitu kimia industri.
Penyusunan laporan ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak.Untuk itu tidak salah pada kesempatan ini penyusun mengucapkan terima kasih kepada para guru pembimbing kunjungan industri.
Penyusun menyadari bahwa laporan ini masih kurang dari sempurna.Oleh karena itu penyusun mohon maaf atas kekurangan dalam pembuatan laporan. Semoga laporan ini berguna bagi  semua pembaca.




                                                Jombang, 09 Agustus 2015
             
      Penyusun








DAFTAR ISI
Sampul…………………………………………………………………………………………………………………………………1
Kata Pengantar……………………………………………………………………………………………………………………2
Daftar Isi……………………………………………………………………………………………………………………………3
BAB I : PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang……………………………………………………………………………………………………………4
1.2. Manfaat………………………………………………………………………………………………………………………4
1.3. Tujuan Kunjungan Industri………………………………………………………………………………………5
BAB II : PEMBAHASAN
2.1. Komposisi………………………………………………………………………………………………………………………5
2.2. Alur Kerja……………………………………………………………………………………………………………………6
2.3. Proses Pembuatan………………………………………………………………………………………………………7
BAB III : PENUTUP
3.1. Kesimpulan……………………………………………………………………………………………………………………8
3.2. Kesan dan Saran…………………………………………………………………………………………………………9
3.3. Lampiran ( dokumentasi )…………………………………………………………………………………………9












BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Pocari Sweat adalah minuman isotonik untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang selama seharian beraktifitas.Cairan isotonik lebih cepat diserap tubuh dan cepat menghilangkan rasa haus.Banyak perusahaan yang mengembangkan minuman kesehatan isotonik ini salah satunya adalah perusahaan yang dikunjungi yaitu PT. Amerta Indah Otsuka sebagai pelopor perusahaan minuman isotonik pertama.
Oleh karena itu dengan diadakan kunjungan industri siswa dapat menambah ilmu dan wawasan tentang dunia kerja, bagaimana gambaran bekerja di lapangan industri, proses pembuatan produk dari awal hingga akhir, dan kunjungan industri ini merupakan syarat awal sebelum prakerin. Sehingga siswa mendapatkan  pengalaman di dunia kerja dan tidak awam terhadap dunia kerja.
1.2. Manfaat
Pocari sweat merupakan minuman isotonik yang bisa membantu menggantikan cairan dan elektrolit di dalam tubuh yang hilang ketika seharian beraktifitas. Berikut beberapa manfaat pocari sweat :
1.     Menghilangkan rasa haus.
2.    Cepat diserap oleh tubuh.
3.    Cocok bagi semua kalangan terutama bagi orang sakit, kecuali bayi di bawah 1 tahun dan penderita asam lambung.
4.    Memulihkan kondisi tubuh.
Selain mengetahui beberapa manfaat dari pocari sweat.Adapun manfaat diadakan kunjungan industri sebagaai berikut :
Bagi Siswa ;
  1. Mengetahui isi kandungan pocari sweat
  2. Mengetahui proses pembuatan pocari sweat
  3. Menumbuhkan minat untuk terjun ke dunia industri
Bagi Sekolah :
a.    Memberitahu siswa tentang tata tertib di dunia industri
b.    Mengajak siswa terjun langsung ke dunia industri
Bagi Industri :
  1. Bisa menyebar luaskan produk yang dibuat ke masyarakat
  2. Dapat menjelaskan tentang sejarah awal terbentuk perusahaan
1.3. Tujuan Kunjungan Industri
Kunjungan industri ini dilakukan dengan tujuan agar siswa dapat mengenal produk olahan makanan secara lebih dekat, dapat mengamati proses pembuatan, mesin-mesin, pengemasan produk secara langsung, proses pendistribusian yakult, menambahkan pengetahuan dan informasi tentang dunia kerja, serta manfaat dari produk tersebut.

BAB II
PEMBAHASAN
2.1. Komposisi
A.  Bahan-bahan untuk pembuatan pocari sweat adalah sebagai berikut:
1.     Na+                        mEq/L
2.    K+                           mEq/L
3.    Ca2+                       mEq/L
4.    Mg2+                     mEq/L
5.    Cl-                          mEq/L
6.    Laktat-               mEq/L
7.    Citrate3-            mEq/L
8.    Bahan untuk pembuatan botol terbuat dari biji resin
9.    Tutup botol terbuat dari bahan plastic khusus
10.  Label terbuat dari bahan plastic


B.  Bahan Baku 
1.  Air Arthesis, yaitu air yang berada 120 m di bawah permukaan tanah . Pengadaan bahan baku air arthesis ini diambil dari daerah disekitar Surabaya dengan memilih daerah yang masih baik dan bersih  sumber airnya.
2. Garam/natrium, garam yang digunkan adalah garam yang sesuai dengan kebutuhan tubuh sehingga mampu menggantikan ion tubuh yang hilang. 
3. Gula, gula yang digunakan adalah gula glukosa yang diambil diperusahaan gula lokal bukan hasil impor dari negara lain.
C. Bahan Penunjang
1. Resin, yaitu biji plastik khusus yang digunakan untuk bahan pembuat botol pocari sweat.
2. Tutup botol, yaitu tutup botol dengan bahan khusus sebagai tutup dari pocari sweat .
3. Label, yaitu label yang berasal dari bahan plastik yang digunakan sebagai label dalam kemasan pocari sweat. Pengadaan label ini didapatkan dari produsen plastik di daerah Indonesia.
2.2. Alur Kerja
 



      
 







2.3. Proses Pembuatan


 
Tahapan Proses Pembuatan  :
A.   Pembuatan Botol
1.  Injection moulding, digunakan untuk membentuk atau mencetak resin menjadi preform (bakal botol pocari) yang kemudian akan dibuat untuk botol pocari sweat.
2. Blow molding, digunakan untuk pembentukan peform (bakal botolpocari) menjadi botol pocari. Sistem alat ini yaitu dengan menghembuskan udara ke dalam peform yang kemudian akan membentuk botol sesuai kemasan botol yang diinginkan.
B.    Pembuatan Larutan
1. Timbangan, digunakan untuk menimbang bahan baku yang berupa garam-garam yang dicampurkan ke dalam air sesuai dengan komposisi yang ditetapkan.
2. Tangki penampung, digunakan untuk menampung air Arthesis yang digunakan sebagai bahan baku minuman isotonik pocari sweat.
3. Mixer, digunakan untuk mencampur dan melarutkan garam, gula dan air sebagai komposisi cairan pocari sweat.
     C. Pengemasan
1. Mesin sterilisasi, digunakan untuk mensterilkan botol dan tutup botol agar terhindar dari kontaminasi bakteri .
2. Mesin filling capping, digunakan untuk mengisi produk pocari sweat ke dalam botol yang sudah steril.
3. Mesin pelabelan yaitu terdiri dari terdiri dari cap sterilisation, cap sorter, cap checker, yang gunakan untuk memberi label secara otomatis pada produk pocari sweat yang sudah dikemas.
4. Mesin detektor yang terdiri dari mesin bottle preassure detector,labeller, link jet printer bottle, camera inspector, digunakan untuk mendeteksi produk-produk yang rusak atau tidak sesuai dengan standar pocari sweat sehingga produk yang tidak sesuai tersebut terpisah atau terbuang secara otomatis.
5. Mesin auto caser, mesin pengemas yang digunakan untuk mengemas dan menata produk pocari sweat


 
 menjadi 1kardus yang berisi 24 botol. Proses pengemasan ini kemudian di lanjutkan dengan mengumpulkan hasil kemasan kardus menjadi satu dengan jumlah tertentu menggunakan mesin robot yang secara otomatis dapat memindahkan kemasan yang sudah memenuhi jumlah ke tempat yang sudah di tentukaan dan selanjutnya diangkut keruang penyimpanan produk serta menunggu syarat untuk siap di distribusikan.
D. Pemasaran dan Distribusi
PT. Amerta Indah Otsuka dengan kapasitas produksi sebesar 600 botol/menit dan jam kerja selama 23 jam per hari, jumlah produk Pocari Sweat tentunya sangat banyak. Pabrik Pocari Sweat di Kejayan merupakan sub induk dari Perusahaan Otsuka Asia Pasifik yang memproduksi minuman isotonik Pocari Sweat. Sehingga selain memenuhi permintaan Pocari Sweat dalam negeri, produk akan diekspor ke Hongkong, Singapura,Malaysia, Arab Saudi ,Mesir,Thailand, dan negara-negara lainnya.Pocari Sweat pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 1989. Diluar Jepang juga dijual di daerah Asia Timur, Asia Tenggara dan Timur Tengah.Meliputi : Korea, China, Taiwan, Hongkong, Singapore, Thailand, Bahrain, Qatar, Oman, Saudi Arabia, United Arab Emirates.

BAB III
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
Pocari sweat merupakan minuman isotonik untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang selama beraktifitas. Komposisi pocari sweat terdiri dari Na+, K+, Ca2+, Mg2+, Cl-, Laktat-, Citrate3-. Botol pocari sweat terbuat dari biji resin yang nantinya menjadi bakal botol, kemudian bakal botol tersebut ditiup angin panas/api di cetakan botol sehingga menjadi botol yang sempurna. PT. Amerta Indah Otsuka mampu menghasilkan 600 botol/menit. Pendistribusian pocari sweat terutama di dalam negeri selain itu pocari sweat di ekspor ke luar negeri.
3.2. Kesan dan Saran
Ø  Kesan
Menurut saya tempatnya bersih dan nyaman dan udaranya pun sejuk, sehingga siswa lebih senang belajar disini.Siswa  berterima kasih karena bisa mengetahui wawasan dunia kerja dan proses pembuatan pocari sweat dari awal hingga akhir.
Ø  Saran
Menurut saya pelayanan kunjungan industri di PT. Amerta Indah Otsuka sudah baik dan sebaiknya saat mengajak melihat proses pembuatan pocari sweat dengan cara bergiliran perkelompok atau perkelas supaya apa yang dijelaskan bisa dimengerti dan tidak membingungkan. Saya ingin pabrik ini menciptakan produk terbaru selain pocari dan soyjoy.  Dan saya berharap tahun pelajaran yang akan datang SMK NEGERI KABUH dapat bekerja sama dengan PT. Amerta Indah Otsuka.
3.3. Lampiran (dokumentasi)


Read Users' Comments (1)komentar

1 Response to "KUNJUNGAN INDUSTRI PT. AMERTA INDAH OTSUKA"

  1. Anonim, on 8 Desember 2019 pukul 07.10 said:

    Saya tidak bisa cukup berterima kasih kepada layanan pendanaan lemeridian dan membuat orang tahu betapa bersyukurnya saya atas semua bantuan yang telah Anda dan staf tim Anda berikan dan saya berharap dapat merekomendasikan teman dan keluarga jika mereka membutuhkan saran atau bantuan keuangan @ 1,9% Tarif untuk Pinjaman Bisnis. Hubungi Via:. lfdsloans@lemeridianfds.com / lfdsloans@outlook.com. WhatsApp ... + 19893943740. Terus bekerja dengan baik.
    Terima kasih, Busarakham.

Posting Komentar